oleh

KPU Binjai Buka Pendaftaran Calon Anggota PPS

example banner
BINJAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai resmi memulai tahap pendaftaran terkait proses perekrutan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai 2020. Pendaftaran reami dibuka pada 18 Februari 2020.

Sesuai formasi, KPU Kota Binjai akan menempatkan total sebanyak 111 anggota PPS pada 37 kelurahan di Kota Binjai, dengan rincian tiga anggota PPS untuk setiap kelurahan.

Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (17/02/2020), mengatakan tahap perekrutan calon anggota PPS diawali dengan tahap sosialisasi, yang dimulai sejak 15 hingga 17 Februari 2020.

Dalam hal ini, proses sosialisasi perekrutan calon anggota PPS dilakukan melalui pengumuman tertulis di Kantor KPU Kota Binjai dan seluruh kelurahan yang ada di Kota Binjai, serta pengumuman elektronik melalui alamat website http://kota-binjai.kpu.go.id/, dan media sosial KPU Kota Binjai.

“Untuk tahap pendaftaran calon anggota PPS, sesuai agenda akan kita laksanakan selama satu pekan, terhitung sejak 18 hingga 24 Februari 2020,” ungkap Zulfan.

Terkait syarat pendaftaran calon anggota PPS, diakuinya, hal tersebut berpedoman pada Peraturan KPU RI Nomor: 3/2018, tentang pembentukan dan tata kerja panitia pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara, dan kelompok penyelenggara pemungutan suara dalam penyelenggaraan pemilihan umum, serta Keputusan KPU RI Nomor: 66/PP.06.4-Kpt/03/KPU/II/2020, tentang pedoman teknis pembentukan panitia pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara, petugas pemutakhiran data pemilih, dan kelompok penyelenggara pemungutan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Syarat-syarat pokoknya antara lain, warga negara Indonesia, berumur minimal 17 tahun, jenjang pendidikan minimal SMA sederajat, berdomisili dan memiliki KTP eletronik di wilayah kerja PPS, sehat jasmani dan rohani, bukan pengurus suatu partai politik, tidak pernah dipidana penjara dengan vonis hukuman lima tahun atau lebih, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai penyelenggara pemilu, tidak memiliki ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, serta belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPS.

“Secara umum, syarat pendaftaran calon anggota PPK sama dengan syarat pendaftaran calon anggota PPK. Bahkan ujian tertulis calon anggota PPS nantinya turut menerapkan sistem CAT (Computer Assited Test),” sebut Zulfan.

Selain itu zulpan juga menambahkan untuk pengambilan dan pendaftaran petugas PPS dilakukan di sekretariat kantor KPU kota Binjai dijam kerja sedangkan di hari terakhir pendaftaran dibuka hingga pukul 24.00 wib. (rel/pm)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed