oleh

Kejatisu Teken MoU Dengan BPN Sumut

example banner

MEDAN – Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan Badan Pertanahan Nasional Wilayah Sumatera Utara di salah satu hotel di Medan, Kamis (6/2).

Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Amir Yanto SH MH dengan Kepala Kanwil BPN Sumut Dadang Suhendi. Dan disaksikan langsung oleh Kepala BPN Kabupaten/Kota se Sumut dan Kajari se Sumut.

“Hari ini kita menandatangani perjanjian kerjasama bidang perdata dan tata usaha negara (Datun) guna kerjasama yang sinergis antara Kejaksaan dan BPN, khususnya dalam urusan pertanahan,” kata Kajati Sumut, Amir Yanto dalam sambutannya.

Kajati Sumut mengatakan, perjanjian itu tidak hanya dilakukan untuk Kanwil BPN Sumut saja. Melainkan juga dilakukan oleh Kepala Kejari di kabupaten/kota se Sumut bersama Kepala BPN di masing-masing daerah.

Adapun maksud dari perjanjian itu adalah sebagai landasan bagi para pihak untuk melakukan koordinasi dan kerjasama pelaksanaan tugas dan fungsi dalam rangka penegakan hukum dan pemulihan aset di bidang agraria atau pertanahan dan tata ruang. “Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk mengoptimalkan pelaksanaan koordinasi dan kerja sama pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak,” lanjutnya.

Dia berharap, BPN bisa memanfaatkan perjanjian dan keberadaan Korps Adhyaksa Sumut ini. Khususnya dalam penyelesaian masalah terkait pemulihan aset atau sengketa pertanahan yang terjadi di Provinsi Sumatera Utara.

“Sekarang sudah ada perjanjian. Jadi, misalkan nanti mereka mau meminta Legal Opinion atau pendapat hukum, mereka bisa menyurati kita. Atau mungkin ada gugatan terhadap BPN, kita siap menjadi Jaksa Pengacara Negara. Masih banyak lagi yang lainnya yang bisa dilakukan dengan adanya perjanjian ini. Yang jelas, koordinasi ke depan dipastikan akan semakin baik,” tutup Amir Yanto.

Senada, Kakanwil BPN Sumut Dadang Suhendi berharap kerjasama kedua lembaga ini dapat mewujudkan kepastian hukum ditengah-tengah masyarakat yang sedang memperjuangkan haknya dalam kepemilikan tanah.

“Banyak pekerjaan kedua lembaga ini yang harus disinergisnya. Kami sangat berterimakasih kepada Kejati Sumut kedepannya selalu hadir membantu dan mendukung BPN dalam mengawal pembangunan di Sumut,” tandas Dadang. (fel/tob)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed