oleh

Pembangunan Tanki Air Bersih Desa Kuta Mbaru Terkendala Akibat Status Lahan Diklaim Milik Warga

example banner
⏩ Kades Kuta Mbaru Hibahkan Lahan Pribadi Untuk Bangun Tangki Air Bersih Sebagai Pengganti
KARO – Perihal pemberitaan sebelumnya  terkait dugaan proyek pembangunan tangki air bersih yang terkesan terbengkalai di Desa Kuta Mbaru, Kec. Tiganderket, Karo yang bersumber dari dana desa yang  T.A 2018, Boy Rona Singarimbun kepala desa setempat akhirnya berikan penjelasan kepada wartawan, saat ditemui di Ruang aula Kantor Bupati, Kaban jahe, Dalam rangka penyerahan sejumlah bantuan traktor kepada  desa desa terdampak erupsi Sinabung, Senin (13/01/2020) siang.
Ketarangan Boy Rona Singarimbun mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pemipaan air bersih ke rumah-rumah dan pembangunan tangki air bersih di T.a 2018 dengan dana sebesar Rp.209.990 000,- itu memang benar dianggarkan sebelumnya.
Namun karena ada kendala dengan pengakuan salah seorang warga yang mengaku bahwa lahan tersebut miliknya,  ia (pemilik lahan) meminta agar jangan mendirikan mendirikan bangunan di lokasi tersebut  sehingga proses pembangunan kami hentikan sementara guna mengantisipasi munculnya permasalahan di kemudian hari.
Kami bukan tak ber upaya untuk meyakinkan pihak pemilik lahan, terkait hal ini sudah sering kami musyawarahkan secara kekeluargaan dengan pihak pemilik lahan agar mereka mau menghibahkan lahan itu, namun sampai sekarang belum juga ada tanggapan dari yang bersangkutan.” Kata boy
Masih menurut Kades, “Sebelum saya menjabat sebagai kades, dilokasi tersebut sudah  ada bangunan menara tangki air minum namun sudah tak layak dipakai lagi, Saya mengira tidak ada warga yang komplein bila dibekas bangunan yang ada sebelumnya dibangunkan. Namun karna saat itu kebutuhan warga terkait air bersih sangat mendesak sehingga pembangunan sengaja kami proritaskan, saya tak menyangka kalau ternyata saat proses pengerjan di kerjakan , ada pihak  yang keberatan dan mengaku bahwa lahan tersebut adalah miliknya,” kata boy
Dijelaskan lagi, “Sisa dana T.a 2018 untuk kegiatan tersebut sebelumnya sudah kami silpa kan dan dana nya  di Pergunakan kembali di T.a 2019. Karna air bersih adalah kebutuhan utama warga Pembangunan Bak Tangki Air bersih tetap kami lanjutkan namun di lokasi yang berbeda yaitu di lokasi lahan milik saya pribadi dan saya telah meng iklas kan lahan saya tersebut digunakan, surat hibahnya juga sudah ada, agar dapat dipergunakan bagi kepentingan masyarakat desa . Hal itu saya lakukan agar suplay air bersih kerumah rumah warga tidak terkendala. Tak hanya itu , bahkan sebagian lahan milik saya juga saya hibahkan untuk rumah nazir mesjid yang berada didekat lokasi mesjid, tepatnya disamping bangunan tangki air bersih.” Terang Boy Singarimbun
Sambil menunjukkan foto bangunan bak tanki penampungan air bersih yang sudah selesai dikerjakan di  lahan milik pribadi nya yang telah dihibahkan tersebut, Boy berharap kepada awak media agar pemberitaan sebelumnya di kelarifikasi kembali, sembari dirinya mememinta maaf sebelumnya atas permintaan konfirmasi yang di layangkan kepadanya oleh awak media tidak ter balas , hal itu menurutnya karna Telphone genggam miliknya sedang tidak aktif bukan karna unsur disengaja untuk menghindari pertanyaan media begitu juga  saat rekan rekan juga berkunjung kedesa berencana menemui saya  tidak ketemu, itu kebetulan memang  saya sedang ada urusan ketempat lain.” Ungkap Kades mengahiri. (ris/tob)
Boy Rona Singarimbun Kades Kuta Mbaru (pakai topi) , saat berikan penjelasan kepada pos metro medan, di desa tiganderket , senin (13/01/2020) . (Daris Kaban/PM)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed