oleh

Tiga Kecamatan di Kota Tebing Terdampak Banjir Bandang

example banner

TEBINGTINGGI – Akibat tingginya curah hujan di hulu Sungai Bahilang dan Sungai Padang, Minggu malam (15/12) berdampak banjir bandang di tiga kecamatan Kota Tebingtinggi.

Naiknya debit air dipermukaan kedua sungai  terdeteksi pada senin pagi (16/12) sekitar pukul 06.30 wib.

Kecamatan yang terdampak yakni Padang Hulu, Tebingtinggi Kota dan Rambutan dan terdapat tujuh kelurahan yang paling terdampak karena lokasinya berbatasan langsung dengan aliran sungai Bahilang dan Padang.

Kelurahan tersebut adalah Persiakan, Tualang, Bandar Utama, Badak Bejuang, Pasar Baru, Mandailing dan Sri Padang. Pantauan wartawan, ratusan rumah terendam air setinggi setengah meter hingga satu meter. Ribuan warga telah diungsikan ketempat yang lebih aman, seperti di kantor kecamatan dan kelurahan.

Camat Tebingtinggi Kota Manda Yulian, SSTP ketika dikonfirmasi Posmetro Medan, mengatakan sejak pagi sekitar pukul 06.30 wib sudah terjun langsung ke lokasi banjir bersama staff dan tim evakuasi.

“Setelah berkordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial kami segera mendirikan posko tanggap bencana dan dapur umum di tujuh kelurahan, dengan menyediakan bahan makanan siap saji dan peralatan untuk ibu hamil, bayi dan lansia bahkan untuk mengantisipasi warga yang sakit, beberapa warga yang sejak tadi malam berjibaku dengan banjir telah kami petiksa kesehatannya”, Ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh M Hatta ST Kasi Rehabilitasi dan Konstruksi BPBD Kota Tebingtinggi.

“Bahwa sejak tadi pagi sekitar pukul 06.30 wib saya beserta tim BPBD telah menyebar kelokasi terdampak banjir dengan peralatan evakuasi dan telah berhasil mengevakuasi sekitar tiga ribuan warga di tiga kecamatan yang terdampak banjir, kemudian sebagai leading sektor kami telah berkordinasi dengan TNI dan Polri serta Satpol PP untuk melakukan upaya pencegahan kehilangan barang berharga dari warga yang telah meninggalkan rumah mereka ke tempat evakuasi, kemudian beserta Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan kita telah membangun posko evakuasi dan dapur umum”, Pungkasnya. (sal)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed