oleh

Petahana Wajib Tinggalkan Fasilitas dan Cuti 70 Hari

LABUHANBATU – Bagi seorang pemimpin yang sedang atau memangku jabatan (petahana/incumbent) jika ikut kembali dalam pemilihan diwajibkan tidak menggunakan fasilitas negara dan cuti selama 70 hari saat masa kampanye.

Demikian kata Divisi Tekhnis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu, M Rifai Harahap di kantornya jalan WR Supratman no 52 Rantauprapat, Jumat (15/11) menjawab sekaitan  kewajiban calon selaku petahana terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

Dijelaskan, kewajiban itu tertuang diperaturan KPU no 3 tahun 2017 tentang Pencalonan,  dalam pasal 4 ayat 1 huruf r dituliskan, bahwa menyatakan secara tertulis bersedia cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye dan ini berlaku pada petahana.

Selanjutnya, dalam pasal 89 ayat 1 juga dituliskan, petahana dilarang melakukan pergantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan paslon sampai akhir masa jabatan.

Aturan terkait itu juga tertuang dalam Peraturan KPU no 4 tahun 2017 pasal 64 ayat 1 dan ayat 2 dapat diartikan petahana saat berkampanye wajib mengajukan ijin cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye dan ijin cuti itu paling lama diserahkan ke KPU setempat pada hari pertama masa kampanye.

Lamanya masa kampanye, sambungnya, diatur dalam PKPU no 15 tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan yakni terhitung sejak 11 Juli 2020 sampai 19 September 2020 mendatang.

“Artinya, ikut tidak ikut selama masih jadwal kampanye, dilarang menggunakan fasilitas negara, termasuk rumah dan mobil. Jika ketahuan, dapat dilakukan pembatalan sebagai calon,” bebernya.

Namun, diwaktu-waktu mendatang, dirinya tidak dapat memastikan apakah peraturan itu akan tetap diberlakukan. Pastinya hingga kini, mereka masih menggunakan dan tetap berdasarkan pada aturan yang ada. (nik/bal)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed