oleh

Baznas Labuhanbatu Salurkan Zakat dan Infaq Rp1,2 M

RANTAUPRAPAT – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Labuhanbatu telah menyalurkan dana zakat dan infaq periode Januari-Oktober 2019 kepada para mustahik (keluarga tidak mampu) di 9 kecamatan se Labuhanbatu sebesar Rp1.236.789.000.

“Penyaluran tersebut berdasarkan realisasi penerimaan zakat dan infaq sampai September 2019 berkisar Rp3,6 miliar, termasuk di dalamnya saldo penerimaan tahun 2018 sebesar Rp2,1 miliar. Penerimaan zakat dan infaq terbesar berasal dari zakat profesi dan infaq para PNS/ASN Pemkab Labuhanbatu, selain dari masyarakat dan aghnia,” sebut Ketua Baznas Labuhanbatu H Erwin Siregar di Rantauprapat.

Mantan Inspektur Pemkab Labuhanbatu itu menjelaskan, sesuai program Baznas Labuhanbatu untuk meningkatkan kemanfaatan zakat, penyaluran zakat kepada para mustahik meliputi berbagai program, yaitu program ekonomi dengan memberikan bantuan kepada 3.250 KK fakir miskin serta bantuan modal usaha produktif, kemudian program bantuan kemanusiaan dengan memberikan bantuan kepada ghorim, panti asuhan, musyafir, lansia dan membedah rumah tidak layak huni, serta program pendidikan dengan memberikan bantuan beasiswa dan peralatan sekolah terhadap 595 siswa-siswi dari keluarga miskin dan para mahasiswa dari keluarga tidak mampu, bantuan dana pembuatan skripsi dan bantuan belajar ke luar negeri.

Selanjutnya, program dakwah, dengan memberikan bantuan kepada para Da’i dan penyuluh agama, khatib, perbaikan mesjid/mushola dan bantuan kepada muallaf/lembaga muallaf. Program bidang kesehatan, dengan memberikan bantuan berobat, perbaikan gizi dan kursi roda kepada para dhuafa sakit berat yang seluruhnya dilaksanakan berdasarkan ketentuan syariat Islam.

“Melalui program-program tersebut, jelas sasaran zakat dan infaq ditujukan kepada masyarakat miskin sesuai dengan ketentuan syariat agama Islam tentang orang-orang yang berhak menerima manfaat zakat dan infaq, sehingga diharapkan menjadi salah satu upaya mengentaskan kemiskinan menuju Labuhanbatu sejahtera. Kita berharap suatu saat penerima zakat saat ini akan menjadi pemberi zakat, infaq dan sedekah (ZIS) bukan lagi penerima (muzakki),” sebut Erwin.

Dia juga berharap Baznas Labuhanbatu dapat lebih optimal menghimpun zakat dan infaq, sehingga dari 5 program tersebut, Baznas mampu berkontribusi dan bersinergi dengan program Pemkab dalam mengentaskan kemiskinan.

Wakil Ketua bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Labuhanbatu, H Marwan Siregar menjelaskan fungsi Baznas menghimpun, mengelola, mendistribusikan dan memberdayakan zakat, infaq dan sedekah dari umat Islam secara terorganisir dan akuntabel.

“Kita ke depan berkomitmen untuk berupaya mengoptimalkan pengumpulan zakat dan infaq dari para aghnia dan muzakki, sehingga terhimpun zakat dan infaq yang lebih besar dan para fakir miskin serta keluarga yang tidak mampu dapat lebih banyak terbantu,” ujarnya mantan anggota DPRD Labuhanbatu itu.

“Dengan sisa waktu hingga Desember 2019, dari dana yang tersisa, kami akan fokus pada penyaluran zakat dan infaq untuk bantuan modal usaha produktif dan bidang penyaluran lainnya kepada para keluarga tidak mampu,” sebutnya.

Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi pada berbagai kesempatan, mengapresiasi pengurus Baznas yang menjalankan amanah mengelola zakat dan infaq transparan dan akuntabel. Bupati mengharapkan masyarakat mampu menyalurkan zakat dan infaq ke Baznas Labuhanbatu selaku lembaga resmi mengelola zakat sesuai UU 23 tahun 2011.

Zakat dan infaq dapat disalurkan melalui rekening Baznas Labuhanbatu pada Bank Sumut dengan nomor rekening zakat 210.0104.00.1627.0 dan nomor rekening infaq 210.0104.00.0032.3, atau melalui Bank Syariah Mandiri dengan nomor rekening zakat 711.741.368-8 dan nomor rekening infaq 712.481.463-9 atau melalui BRI dengan nomor rekening zakat 0228.01.0011613.30.1 dan nomor rekening infaq 0228.01.001614.30.7. (nik/bal)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed