oleh

Selamatkan Aset Negara,   Kapoldasu Kirim Tim ke Belanda 

MEDAN – Untuk menyelamatkan aset-aset kota Medan, Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan Polda Sumatera Utara mengirim tim ke Belanda.
Tujuannya untuk mencari data blue print (cetak biru) pembangunan Kota Medan semasa Pemerintah Belanda berkuasa di Indonesia.
Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto mengatakan, tim penyidik Polda Sumut, Pemko Medan dibantu Badan Kearsipan Nasional akan berangkat ke Belanda, Sabtu (21/9/2019) besok.
Mereka akan bertugas ke sana selama sepekan, untuk mencari semua data-data mengenai pembangunan di Kota Medan.
“Kita sudah bentuk tim,”tuturnya saat acara bersih-bersih Gedung Warenhuis, salah satu bangunan bersejarah di Jalan Ahmad Yani VII, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (20/9).
“Terutama bangunan milik Pemerintah Belanda yang tak kembali ke Pemerintah Indonesia, tetapi justru dikuasai masyarakat,”ucapnya.
Gedung Warenhuis merupakan bangunan bersejarah yang telah lama dikuasai masyarakat.
Pemko Medan baru saja mengambil alih bangunan tersebut, beberapa pekan lalu.
Bagunan ini diketahui sebagai supermarket pertama di Medan pada era kolonial Belanda.
Menurut Agus, dengan data-data yang akan diperoleh dari Belanda itu, pihaknya berharap bisa mengetahui data-data cetak biru atau dokumen-dokumen asli penataan dan pembangunan Kota Medan.
Sebab, selain bangunan bersejarah, ada juga terowongan bawah tanah yang dibangun yang hingga kini belum diketahui.
“Sehinga dengan data-data yang kita peroleh, kita akan upayakan itu bisa kembali ke pemerintah.
Kemudian diperbaiki dan dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menyumbang devisa negara,”tandas Kapolda.
Pihaknya, termasuk Pemko Medan menduga, hingga kini masih banyak bangunan bersejarah yang ada di Medan dikuasai oleh masyarakat.
Setelah data diperoleh dan bangunan bersejarah yang ada bisa dikuasai pemerintah, maka pihaknya menyerahkan sepenuhnya pengelolaan bangunan tersebut kepada Pemko Medan.
Usai bersih di gedung Warenhuis. Kapolda dan Pejabat Utama Polda berjalan kaki menuju kantor Pos Pusat. Disana, Kapolda mengecat dinding kantor dan memberi semangat kepada pegawai yang melaksanakan bersih- bersih. (son)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed