oleh

Prediksi Napoli vs Liverpool, Ujian Berat Sang Juara Bertahan

Jadwal pertandingan matchday perdana Liga Champions 2019/2020 Grup E antara Napoli vs Liverpool akan dimainkan pada Rabu (18/9/2019) pukul 02.00 WIB di Stadion San Paolo, Italia. Ini ajang menjadi ujian awal yang berat bagi sang juara bertahan Liverpool.

Kedua kesebelasan kembali tergabung di grup yang sama seperti edisi musim lalu. Napoli sukses menghadirkan kekalahan bagi The Reds di San Paolo dengan skor 1-0, tetapi Liverpool membalasnya dengan skor yang sama di Anfield.

Keduanya sama-sama finis di fase grup dengan kumpulan 9 poin dan selisih gol (+2). Tetapi Liverpool unggul dalam hal agresivitas gol, 9 berbanding 7. Setelahnya, Liverpool mampu menjadi juara, sedangkan Napoli terhenti di perempat final Europa League.

Bek Liverpool, Andrew Robertson, menyebut timnya lebih percaya diri untuk saat ini. Bek kiri asal Skotlandia itu juga mengatakan Napoli adalah tim paling dekat yang hampir memupuskan mimpi Liverpool musim lalu.

“Kami tahu bagaimana dekatnya kami dengan mereka pada musim lalu, betapa pentingnya kemenangan di Anfield. Kami sekarang lebih percaya diri dan berharap kembali lolos dari fase grup,” kata Robertson usai laga melawan Newcastle, Sabtu (14/9).

“Kami tahu Naples seperti apa, tetapi sekarang kami bisa fokus dan memulai untuk mencoba mempertahankan gelar. Kami hanya melihat tantangan di depan. Ini dimulai di Naples, memang sulit, tetapi kami melihat ke depan,” tegas Robertson.

Liverpool sendiri memiliki rekor buruk saat menjalani laga tandang fase grup di Liga Champions dengan kalah kontra Napoli, PSG, dan Red Star Belgrade pada musim lalu. Akan tetapi kali ini terbilang mudah lantaran hanya akan bertemu dengan Red Bull Salzburg dan Racing Genk.

Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool tidak dapat memainkan Divock Origi yang cedera di laga terakhir melawan Newcastle. Selain itu, sosok Alisson Becker juga masih belum pulih dari cedera. Tetapi Jordan Henderson yang diistirahatkan dalam laga tersebut diyakini akan tampil sebagai starter.

Di kubu tuan rumah, pasukan Carlo Ancelotti memperkuat lini belakang dengan mendatangkan Kostas Manolas dari AS Roma dan Giovanni Di Lorenzo dari SPAL. Kendati demikian, catatan kebobolan Partenopei di ajang Serie A jadi salah satu yang terburuk. Mereka telah kebobolan 7 gol hanya dari 3 laga terakhir.

Hal tersebut tidak menjadi masalah apabila lini serang mereka mampu mencetak gol lebih banyak. Total, 10 telah disarangkan Lorenzo Insigne dan kolega dalam 3 laga awal Serie A. Duet Lorenzo Insigne dan Dries Mertens kemungkinan masih akan menjadi andalan Ancelotti.

“Kami tidak mempersiapkan rotasi skuad, tapi kami mencoba melakukan perubahan tergantung saat sesi latihan. Semuanya berada di level tinggi, ini penting untuk perkembangan proses dalam skuad,” ucap Ancelotti usai laga melawan Sampdoria, Sabtu (14/9).

Napoli kemungkinan akan menguasai jalannya pertandingan dan lebih sering menguasai bola. Partenopei memiliki persentase 62.8% penguasaan bola dan 90.8% akurasi umpan sukses kala bermain di San Paolo.

Sektor sayap akan menjadi andalan bagi tuan rumah. 71% serangan pasukan Ancelotti berkutat di lini sayap, 42% di antaranya dari sayap kiri yang ditempati Mario Rui dan Piotr Zielinski/Fabian Ruiz. 8 dari 9 gol Napoli di Serie A berawal dari lini sayap mereka.

Akan tetapi itu bisa menjadi keuntungan Liverpool andai menerapkan skema serangan balik cepat dengan mengandalkan trio lini depan mereka yang cepat. Prediksinya, laga akan berlangsung ketat dan minim gol. Napoli diprediksi akan memetik kemenangan.(mvt)

Prakiraan Susunan Pemain

Napoli (4-4-2): Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Kalidou Koulibaly, Kostas Manolas, Mario Rui; Jose Callejon, Fabian Ruiz, Allan, Piotr Zielinski; Lorenzo Insigne, Dries Mertens. | Pelatih: Carlo Ancelotti.

Liverpool (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joel Matip, Andrew Robertson; Giorginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Alex Oxlade Chamberlain; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane. | Pelatih: Jurgen Klopp.

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed